Dunia Anak

Tips Memperbaiki Nafsu Makan Balita

Tips Memperbaiki Nafsu Makan Balita – Masa pertumbuhan balita yang menuntut orangtua agar selalu memantau asupan makanan yang bergizi apalagi di usia balita merupakan momen emas anak.

Namun banyak yang mengalami masalah kurangnya nafsu makan balita, sehingga balita menjadi malas-malasan bahkan ada yang tidak mau makan sama sekali.

Sebagai Bunda kita harus memiliki seribu cara untuk memperbaiki nafsu makan balita, tanpa harus membuat dia menangis atau merasa tertekan .

Baca jugaTips Mengajak Balita Makan di Restoran Agar Merasa Nyaman

Berikut adalah tips memperbaiki nafsu makan balita dengan cara yang menyenangkan :

  1. Buat Tampilan Makanan Menjadi Menarik

Cobalah trik sederhana dengan cara membuat bentuk makanan menjadi menarik dengan bento, tentunya nafsu makan balita akan naik melihat bentuk karakter yang menggemaskan untuk balita.

2. Menu yang Bervariasi Tidak Akan Membuat Balita Bosan

Gantilah menu setiap hari, kalau ada waktu ajak balita berbelanja di pasar biarkan dia memilih sayur sayuran yang dia sukai.

Ajak anak untuk menyiapkanmenu makananya tentunya akan membuat dia lebih senang dan memiliki gairah untuk makan.

3. Jangan Biarkan Anak Makan Apapun Sebelum Jam Makan

30 menit sebelum waktu balita makan jangan berikan dia makanan ringan atau susu biarkan perutnya kosong sampai dia merasa lapar, tentunya setelah itu dia akan lebih lahap menyantap makanan.

4. Jika Dia Tidak Mau Jangan di Paksa

Sebagai Bunda kita harus ekstra sabar menghadapi nafsu makan balita yang tidak menentu, jika dia tidak mau jangan paksa dia untuk terus makan.

Ajak dia keluar rumah hibur dia dengan melihat pemandangan diluar rumah agar moodnya membaik baru setelah itu coba tawarkan dia makanan lagi.

5. Pastikan Nutrisi Dalam Menu Makannnya

Bunda juga harus sangat memperhatikan kandungan gizi yang ada didalam makanan balita ya, vitamin dan mineral juga bisa meningkatkan nafsu makan balita.

6. Berikan Dia Camilan yang Sehat dan Lezat

Jika memang sudah berbagai macam cara dilakukan tapi si kecil masih tidak mau makan, tidak ada salahnya memberikan dia camilan yang tinggi kalori contohnya : kacang, keju, dan buah.

7. Berikan Dia Suplemen Nafsu Makan

Berikan suplemen untuk balita karena bisa menambah nafsu makan balita juga menjaga daya tahan tubuhnya.

Berikut tips cara memperbaiki nafsu makan anak, tidak perlu berdebat atau memaksa anak, pastikan anak mendapatkan nutrisi yang baik. Selama tumbuh kembangnya sehatdan tidak ada masalah maka tidak ada yang perlu dicemaskan.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close