Dunia AnakInspirasi

Tips Mendidik Agar Anak Disiplin

Tugas utama orangtua adalah mendidik agar anak disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar, karena disiplin dan tanggung jawab adalah kunci dari kesuksesan seseorang. Di usianya yang masih balita adalah masa-masa anak selalu ingin melakukan hal sesuka hati mereka.

Memang tidak mudah untuk mendidik hal tersebut kepada anak, bahkan ada beberapa orangtua yang cenderung marah-marah hingga membentaknya atau sampai menjewernya. Hal itu merupakan kesalahan orangtua dalam mendidik anak, akibatnya anak justru akan jadi pembangkang dan justru kabur dari tanggung jawab karena ketakutan.

Tips Mendidik Agar Anak Disiplin

Daripada Bunda harus marah-marah dan membuang energi, sehingga malah membuat anak ketakutan. Lebih baik cermati tips dibawah ini untuk mengajarkannya kepada anak :

  • Memberinya Kepercayaan

Apabila anak diberi kepercayaan mereka akan merasa lebih dihargai, dengan mendapat kepercayaan maka anak akan lebih disiplin dan bertanggung jawab lalu berusaha maksimal agar tidak mengecewakan orang yang sudah memberinya kepercayaan.

Contohnya : biarkan anak makan sendiri, Bunda harus percaya kepada anak kalau dia bisa makan sendiri dengan begitu anak akan melakukannya dengan baik.

Baca juga : Melatih Anak Makan Sendiri Sejak Usia Dini

  • Bunda Harus Konsisten

Anak seusia balita dia akan belajar memahami perilaku yang memengaruhi orang-orang di sekitarnya. Jika Bunda menerapkan pola asuh secara rutin dan konsisten akan dapat membuat anak jadi mengerti apa yang diharapkan oleh orangtuanya sehingga dapat bersikap tenang saat diberikan perintah atau ajaran.

Contohnya : saat Bunda mengatakan “jangan mendorong’ saat pertama kalinya ia mendorong temannya, mungkin di hari lain anak akan tetap mendorong temannya, jika Bunda kembali mengatakan “jangan mendorong” disitu anak akan mulai memahami untuk tidak mendorong temannya.

Apabila Bunda tidak konsisten, contohnya : jika suatu hari anak diperbolehkan bermain sepeda didalam rumah, dan dilain hari Bunda malah melarangnya. Anak akan merasa bingung sehingga anak tidak paham mana yang boleh dan tidak boleh. Hal tersebut yang akan membuat anak menjadi tidak disiplin.

  • Atur Jadwal Rutinitas

Mengajarkan agar anak disiplin selanjutnya adalah denan memberinya jadwal rutinitas setiap hari, seperti setiap hari dia harus bangun pukul 06.00 , harus tidur siang pukul 13.00 . Dengan begitu anak akan terbiasa dan membuatnya menjadi disiplin.

  • Lingkungan yang Sesuai

Anak pasti memiliki rasa ingin tahu yang tak ada habisnya dan ingin mengetahui serta melakukan semua hal baru tersebut. Jadi saat awal mendidik anak, jangan sampai Bunda melakukan hal yang dapat mengacaukan konsentrasi anak. Yaitu dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan harus sesuai dengan keberadaan anak.

  • Menjadi Contoh yang Baik

Usahakan menjadi contoh yang baik dihadapan anak, memperbanyak melakukan hal baik serta menampilkan perilaku terpuji, menghilangkan sikap kasar dan sebagainya. Menjadi contoh bagaimana agar menjadi disiplin dan bertanggung jawab dalam perkataan maupun perbuatan.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close