Dunia Anak

Tips Mengurangi Waktu Anak Bermain Gadget

Zaman semakin modern, semua bisa dilakukan melalui gadget. Mulai dari berkomunikasi, melihat video, bermain game, dan sebagainya. Sangat disayangkan apabila anak terlalu sering menonton tv, bermain game, daripada bermain di dunia nyata. Untuk itu para orangtua harus bisa Mengurangi Waktu Anak Bermain Gadget sebelum anak kecanduan gadget.

Karena telah dibuktikan terlalu sering bermain gadget dapat memberikan efek negatif pada kemampuan bersosialisasi, mengendalikan emosional, dan intelektualnya. Jadi sebaiknya dibatasi saja waktunya. Karena tak semuanya buruk, jiika kita bisa memanfaatkan gadget dengan baik ada pula Manfaat Main Game Untuk Perkembangan Otak Anak.

Tips Mengurangi Waktu Anak Bermain Gadget

Kita sebagai orangtua, harus mampu mendidik serta membimbing anak sehingga mereka memiliki kebiasaan yang baik. Kita harus bisa memberikannya pemahaman tentang baik dan buruknya bermain gadget. Tak cukup memberinya pemahaman, tapi kita juga harus bisa memberinya contoh yang baik.

Karena anak-anak suka menirukan hal yang orangtua lakukan, maka usahakan tidak bermain gadget terlalu lama didepan anak. Dibawah ini merupakan tips yang bisa dilakukan agar anak tidak kecanduan gadget.

  • Berikan Mainan Edukatif

    Kebanyakan anak-anak sangat mudah merasa bosan dengan mainan yang itu-itu saja, beda halnya dengan gadget. Gadget memiliki sejumlah permainan interaktif di dalamnya, maka tak heran jika anak tidak pernah bosan bermain gadget.

    Nah salah satu tips untuk mengalihkan perhatiannnya adalah dengan menyediakan mainan edukatif seperti lego, balok susun, bongkar pasang, pasir kinetik yang memiliki berbagai macam warna, dan sebagainya.

  • Ajak Bermain Diluar Rumah

    Cobalah untuk mengajak anak jalan-jalan di sekitar kampung, biarkan dia bermain bersama teman sebayanya, entah bermain sepeda, bermain bola, atau permainan lainnya yang tidak berbahaya. Biarkan anak bereksplorasi diluar rumah, hal ini akan membuatnya lupa dengan gadget.

  • Batasi Penggunaan Gadget

    Aturlah waktu anak bermain gadget, misalnya sehari hanya boleh bermain gadget selama 1 jam. Dan itu harus diterapkan secara rutin dan konsisten, hal ini juga dapat membantu anak menjadi pribadi yang disiplin dan tepat waktu.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close