Dunia Anak

Tips Menjaga Peralatan Bayi Supaya Higienis dan Steril

Saat bayi sudah berusia 6 bulan keatas, saat itulah dia mulai memerlukan peralatan seperti botol susu, dan peralatan makan lainnya. Maka dari itu, Bunda harus pandai menjaga peralatan bayi supaya higienis dan sterill. Agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri, yang dapat memicu Bayi terserang penyakit.

Baca juga : Manfaat Susu Formula Untuk Balita Usia 2-6 Tahun

Tips Menjaga Peralatan Bayi Supaya Higienis dan Steril

Bunda jangan menyepelekan hal ini, karena jika tidak dicuci dengan baik bisa menjadi tempat bertumbuhnya bakteri dan kuman pada peralatan bayi. Perhatikan langkah dibawah ini :

  • Pastikan selalu mencuci tangan terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus Bunda lakukan adalah mencuci tangan, sebelum menyiapkan makanan atau susu untuk Bayi pastikan tangan Bunda sudah bersih. Cucilah tangan dengan air yang mengalir, jangan lupa untuk selalu memakai sabun khusus cuci tangan yang mengandung antiseptik.

  • Cuci peralatan bayi

Langkah selanjutnya, cuci peralatan makan dan minum bayi dan dibersihkan hingga ke semua bagian yang tersembunyi. Cuci menggunakan sabun khusus mencuci peralatan bayi, jangan menggunakan sabun cuci biasa. Karena sabun cuci khusus bayi biasanya lebih lembut, serta mengandung anti bakteri.

  • Gunakan sikat khusus untuk mencuci botol bayi

Karena kebanyakan botol susu masih ditempeli lemak sisa susu, jika dibiarkan lama-lama akan membentuk kerak. Jadi sebaiknya, botol susu segera dicuci setelah selesai digunakan untuk menghindari timbulnya kerak. Dan saat mencuci botol, pastikan untuk memakai sikat khusus, untuk menjagkau bagian dalam botol agar bersih sempurna.

  • Bilas dengan air mengalir

Setelah selesai dibersihkan dengan sabun, pastikan Bunda membilasnya dengan air kran yang mengalir. Karena jika menggunakan air tampungan di ember, dikhawatirkan sudah tercampur dengan berbagai kuman dan bakteri dari peralatan makan lainnya. Otomatis kuman dan bakteri tersebut dapat berpindah tempat ke alat makan bayi yang akan menyebabkan peralatan bayi jadi tidak higienis lagi.

  • Rendam dengan air panas

Merendam semua peralatan ke dalam air panas, tujuannya untuk mematikan bakteri yang masih tersisa dari proses pencucian tadi. Caranya dengan masukan semua peralatan ke dalam wadah berisi air panas, tidak perlu direbus cukup dengan direndam saja selama 10 menit.

  • Simpan kedalam wadah tertutup

Langkah terakhir, setelah selesai semua tahapan diatas. Keringkan peralatan bayi kemudian simpan wadah tertutup, hal ini dilakukan agar peralatan yang sudah bersih, higienis dan steril tersebut tidak dikontaminasi oleh debu atau kotoran yang bisa menempel melalui udara di sekitarnya.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close