InspirasiLifestyle

Tips Merawat Rambut Mengembang Agar Mudah Diatur

Setiap wanita pasti ingin memiliki rambut yang indah, lembut, berkilau, dana mudah diatur, karena rambut merupakan mahkota bagi wanita. Tidak semua orang memiliki jenis rambut yang indah, ada juga yang memiliki rambut mengembang dan sulit diatur. Kita perlu merawat rambut agar tidak mengembang.

Masalah ini terjadi karena kondisi rambut yang kering serta sudah hilang kelembapannya, bukan hanya sulit diatur tapi rambut mengembang juga sangat mudah kusut. Sebelum kita ke tahapan merawat rambut mengembang, ada baiknya kalian harus tau apa saja yang menyebabkan rambut mengembang :

Penyebab Rambut Mengembang

  1. Terlalu sering keramas
  2. Menggunakan shampo atau kondisioner yang salah/tidak cocok.
  3. Sering menggunakan alat styling yang bersifat panas.
  4. Terlalu sering menggunakan bahan kimia untuk styling rambut, contoh : meluruskan rambut, mewarnai rambut, dan mengeriting rambut .
  5. Terlalu lama rambut terpapar sinar matahari secara langsung.
  6. Pengaruh usia yang menyebabkan produksi minyak pada rambut semakin berkurang.

Baca juga : Tips Ampuh Untuk Merawat Rambut Rontok

Tips Merawat Rambut Mengembang Agar Mudah Diatur

Tentu akan membuat kita sangat tidak percaya diri, karena rambut mengembang akan membuat penampilan kita kurang maksimal, tidak rapi, dan selalu terlihat acak-acakan. Setelah mengetahui apa saja yang meyebabkan rambut mengembang, dibawah ini adalah cara merawatnya agar rambut menjadi lebih mudah diatur.

  • Jangan Terlalu Sering Keramas

Jika kamu terlalu sering keramas, otomatis dapat menghilangkan minyak alami rambut. Dan akan menyebabkan rambutmu kering serta kehilangan kelembapannya, hasilnya rambutmu akan mengembang dan sulit diatur.

Biasakan keramas 2 hari sekali atau seminggu 2 kali, pastikan juga kamu keramas menggunakan air dingin bukan air hangat.  tidak dianjurkan untuk yang memiliki rambut mengembang dan kering karena akan semakin banyak menghilangkan minyak alami pada rambut.

  • Gunakan Kondisioner

Jangan lewatkan menggunakan kondisioner setelah keramas, karena shampo hanya berfungsi membersihkan dari kotoran. Sedangkan tugas kondisioner adalah untuk melembapkan dan menutrisi rambut, hasilnya rambut akan lebih lembut, halus dan jadi mudah diatur.

  • Memilih Produk yang Sesuai

Jika Anda sedang mengalami rambut mengembang, maka pilihlah produk perawatan rambut yang khusus untuk merawat rambut yang mengembang. Contohnya jika rambutmu tidak berketombe, maka jangan gunakan produk penghilang ketombe karena dapat menimbulkan masalah rambut yang lainnya.

  • Gunakan Masker

Guunakan masker secara rutin, bisa menggunakan masker rambut yang dijual di toko. Atau kamu juga bisa membuat masker sendiri dengan bahan-bahan alami.

Mengapa harus menggunakan masker rambut ? Karena masker rambut mengandung berbagai zat nutrisi yang dapat menutrisi rambut serta kulit kepala. Dengan begitu rambut akan terlihat sehat dan indah.

  • Gunakan Pelindung Rambut

Selanjutnya, apabila rambut terpapar sinar matahari terlalu lama akan memberikan efek buruk pada rambut. Jadi gunakan pelindung rambut seperti topi, atau payung saat kamu ingin keluar rumah.

  • Jangan Terlalu Sering Melakukan Hair Styling

Sayangilah rambutmu, jangan terlalu sering melakukan perawatan rambut dengan bahan kimia. Karena bahan kimia yang digunakan untuk proses styling rambut akan memberikan efek buruk pada rambut, bahkan bisa membuat rambutmu rusak.

Baca juga : Tips Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tidak Rusak

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close