Dunia Anak

Tips Mudah Melatih Anak Berbicara Sejak Dini

Memiliki buah hati memang sangat menyenangkan, apalagi jika itu anak pertama pasti sangat disayang dan dimanja. Ada banyak hal baru yang dilakukan oleh anak, termasuk pertama kali dia dapat mengucapkan kata “Mama” atau “Papa”. Kemampuan berbicara adalah suatu hal yang penting untuk anak, untuk itu kita sebagai orangtua harus melatih anak berbicara sejak dini.

Cepat atau lambatnya anak dapat berbicara adalah tergantung pada kita, semakin sering kita mengajaknya berbincang-bincang maka anak akan semakin cepat dapat berbicara dengan jelas. Selain itu, ada beberapa cara untuk melatih anak berbicara. Seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Melatih Anak Berbicara Sejak Dini

Melatih kemampuan si Kecil berbicara harus dilakukan sedini mungkin, agar tidak terjadi keterlambatan kemampuan berbicara pada anak. Sejak si Kecil berada didalam kandungan, hingga ia lahir ke dunia Bunda harus sering mengajaknya berbincang-bincang. Hal itu dapat melatih perkembangan otak anak.

  1. Sering Mengajak Anak Berbicara

    Lebih sering mengajaknya berbicara, maka ia akan lebih cepat dapat berbicara. Sama halnya jika Ibunya cerewet, maka anaknya juga akan cerewet. Tapi jika Ibunya pendiam, maka anaknya pun juga cenderung menjadi pendiam. Maka dari itu harus lebih sering mengajaknya berbicara, dan ajak anak supaya menjawab “ya” atau “tidak” hal itu akan membuat anak lebih banyak berbicara.

  2. Membacakan Dongeng

    Membacakan Dongeng Untuk Anak
    Membacakan Dongeng Untuk Anak

    Bunda harus lebih sering membacakan dongeng untuk anak, dongen juga dapat mempererat hubungan anak dan orangtua, dapat melatih perkembangan kongitif anak. Dengan membacakan anak dongeng, Bunda tak hanya dapat melatih anak berbicara, tapi juga melatih anak agar gemar membaca buku.

  3. Mendengarkan Musik Bersama

    Mendengarkan Musik Dapat Menstimulasi Kecerdasan Bayi sangat bagus, Bunda dapat mengajak anak mendengarkan musik dengan disertai gerakan. Pilih musik yang bertema anak-anak, seperti Topi Saya Bundar dengan gerakan-gerakan sesuai irama. Hal itu pasti menyenangkan.

  4. Mengarang Cerita Dengan Boneka / Mainan

    Bunda bisa mengarang cerita bersama anak, misalnya dengan boneka. Buatlah cerita yang menyenangakan dan mengasyikan.

  5. Mengenal Nama Benda Disekitar

    Awalilah dengan mengajarkan nama benda disekitar, misalnya meja, buku, baju, sisir, dll. Ajarkan satu persatu agar anak lebih mudah memahaminya, setelah itu suruhlah anak untuk mengambil sesuatu misalnya “ambilkan sisir dimeja” dengan hal itu anak akan lebih cepat berbicara, dan memahami hal-hal yang disekitarnya.

Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close