Dunia AnakInspirasi

Tips Paling Efektif Melatih Anak Berjalan Usia 1 Tahun

Di satu tahun pertama anak telah belajar banyak hal, belajar tengkurap, belajar mengenal orang-orang disekililingnya, belajar merangkak, belajar duduk, tahapan selanjutnya adalah belajar untuk berdiri dan melangkahkan kakinya untuk berjalan. Bunda harus melatih anak berjalan diusia nya yang mulai memasuki 1 Tahun.

Memang perkembangan kemampuan setiap anak berbeda-beda, umumnya diusia 10 bulan anak sudah mulai bisa merambat, lalu seiring berjalannya waktu anak akan dapat berdiri sendiri tanpa bantuan meskipun masih sering jatuh. Di usia 1 tahun seharusnya ia telah memulai langkah pertamanya dan mulai berjalan secara perlahan.

Tips Paling Efektif Melatih Anak Berjalan Usia 1 Tahun

Tapi ada beberapa anak yang masih belum bisa berdiri sendiri di usia 1 tahun, itu merupakan hal yang wajar. Maka dari itu kita sebagai orangtua harus melatih anak berjalan dengan baik dan benar tentunya juga aman untuk anak. Berikut tipsnya :

  • Belajar Duduk

Sebelum melatih anak berjalan, pastikan dia sudah bisa duduk dengan benar, Bnda bisa membantu anak untuk duduk saat ia dalam posisi berbaring telentang lalu dengan menariknya kedua tangan dan mendudukannya. Dengan duduk dia akan melatih otot leher dan punggung, karena otot punggung sangat mempengaruhi kekuatan anak untuk berjalan.

  • Merangkak

Tahapan selanjutnya adalah dengan merangkak, pastikan anak sudah bisa merangkak untuk melatih gerakan lengan dan kakinya pada waktu yang bersamaan. Pada saat anak merangkak letakan mainan ditempat yang agak jauh darinya untuk menstimulasi anak agar bergerak mencapai mainan tersebut.

Kemampuan merangkak ini juga penting, karena jika sudah dapat merangkak maka otot-otot kaki, punggung, tangan dan lehernya sudah mulai kuat. Itu tandanya anak tersebut siap untuk berjalan. Syaraf motoriknya akan terus berkembang dan terangsang secara otomatis untuk berjalan.

  • Belajar Berdiri Dengan Berpegangan

Pada tahap ini, anak akan mulai lebih aktif dan mereka akan lebih penasaran. Latih anak untuk berdiri sendiri dengan tetap berpegangan benda misalnya kursi, atau lemari. Pada saat anak berdiri perhatikan apabila anak sudah bisa berdiri dengan telapak kaki menempel sempurna dan tegak, disitulah Bunda sudah boleh memulai metatihnya berjalan.

  • Mentitah Anak

Selanjutnya, cara yang paling efektif adalah dengan mentitah anak, dengan cara ini anak akan terstimulasi otaknya untuk bisa berjalan. Pegang kedua tangannya lalu ajak dia untuk melangkah perlahan-lahan, lakukan hal ini setiap hari. Jika sekiranya anak sudah mampu dan cukup kuat untuk menegakkan kakinya Bunda boleh lepas pegangannya sesekali tapi tetap selalu diawasi.

Baca juga : Melatih Anak Makan Sendiri Sejak Usia Dini

Hal lain yang harus Bunda perhatikan ketika melatih anak berjalan :

  1. Jangan membatasi ruang gerak anak, anak memang senang bergerak kesana-kemari, menyebar mainannya ke seluruh lantai. Biarkan anak berkesplorasi, semakin sering dia merangkak perlahan dia akan mulai mencoba berdiri sambil pegangan meja atau benda disekitarnya. Lambat laun, anak pasti dapat berjalan dengan lancar.
  2. Jangan sering menggendong anak, karena jika dia terlalu sering digendong dia tidak akan bisa bebas bergerak hal ini justru akan menghambat perkembangannya.
  3. Ajaklah anak untuk berjalan-jalan di sekeliling rumah
  4. Boleh menggunakan baby wallker tapi jangan terlalu sering
  5. Kebanyakan ketika anak terjatuh pastikan ibu jangan terlalu mmemanjakannya, jika sekiranya dia mampu untuk berdiri sendiri biarkan mereka berdiri sendiri, tapi jika dia sulit maka bantulah seperlunya saja.
  6. Kebanyakan anak akan mencoba berjalan dengan sendirinya tanpa diperintahkan. Hal ini dipengaruhi oleh syaraf motoriknya, jadi jika ia belum mau untuk mencobanya jadi jangan di paksa.
  7. Konsultasikan ke dokter apabila usia anak sudah menginjak 2 tahun tapi belum bisa berdiri dengan sempurna.
Baca selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Close